Ingin Berpakaian Cepat Tanpa Ribet? Ikuti 5 Trik Ini!
Memilih busana di pagi hari sebelum beraktivitas memang memusingkan, terutama bagi kaum perempuan. Pertanyaan seperti “Pakai apa ya hari ini?,” “atasan apa yang bagus untuk meeting nanti?,” atau “cocok tidak ya celana ini dengan sepatu ini,” pastinya sering berkecamuk di pikiran. Membongkar lemari dan bolak-balik menentukan pakaian yang cocok sudah jadi kegiatan pasti, banyak waktu yang terbuang untuk mencoba pakaian, akibatnya bisa telat ke kantor. Tenang saja, ladies! Ada cara jitu untuk menghindari kehebohan rutinitas pagi dan kamar yang berantakan akibat pilah-pilih baju. Coba lima trik ini untuk berpakaian cepat agar punya waktu, paling tidak, sarapan sebelum bekerja:
 
1.    Dokumentasi Gaya

Let’s play dress up! Pada akhir pekan, coba padu-padankan pakaian yang dimiliki lalu foto gaya tersebut. METRO Addicts pasti sering kan melakukan mirror selfie? Foto gaya anda dengan cara mirror selfie atau bahkan kalau punya polaroid, anda bisa menggunakannya a la model sebelum tampil di fashion show. Kemudian, tempel foto-foto tersebut di pintu kamar atau di dekat cermin sebagai ‘konsultasi kilat’ anda di pagi hari. Teknik ini dipopulerkan oleh penata gaya ternama, Rachel Zoe. Anda bisa melakukan ini tiap minggunya dan pastinya akan ada banyak dokumentasi gaya yang akan membantu anda siap di pagi hari. Jika Anda memutuskan untuk melakukan ini dari waktu ke waktu, siapkan pakaian anda pada malam sebelumnya untuk mengkompensasi keterlambatan yang mungkin dialami di pagi hari.


 







































2.    Sedia Setrika Uap
Seringkali terjadi saat anda ingin memakai baju tertentu, saat dikeluarkan dari lemari bentuknya sudah tidak rapi. Tidak perlu repot menyetrika, steamer atau setrika uap akan jadi penyelamat anda di pagi hari. Setrika uap bisa panas kurang dari semenit dan lebih efisien untuk digunakan untuk melicinkan pakaian anda, karena pakaian biasanya digantung tanpa perlu menggunakan papan setrika.


 



































3.    Lemari Pakaian Terbuka
Ingat pepatah klasik Carrie Bradshaw dari serial Sex and The City?  "I like my money right where I can see it: hanging in my closet!". Supaya lebih efisien dalam memilih outfit, ada baiknya untuk menyimpan pakaian, aksesoris dan perhiasan pada rak terbuka. Sementara untuk pakaian dalam, kaus kaki, dan piyama bisa disimpan di dalam lemari atau laci pakaian. Karena tidak ada yang bisa membayangkan inventaris pakaian yang anda punya hanya dalam pikiran pada pagi hari sebelum beraktivitas. Terbayang kan bagaimana repotnya mencari pakaian yang ingin dipakai dalam lemari? Jika tidak ada di mana tempat anda dapat melihatnya, anda hanya akan langsung melupakannya.


 




























































4.    Perbanyak Koleksi Pokok
Anda sering kali membeli barang random seperti tweed blazer saat sale atau rok bermotif garis horizontal yang susah untuk dipadu-padankan. Anda bisa menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mencari pasangan yang cocok dipakai dengan barang-barang tersebut. Maka dari itu, belanjalah koleksi yang netral untuk memperbaiki dilema ini dan menyelamatkan anda dari barang-barang yang ‘bentrok’ dengan hamper semua pakaian anda.


 






















































5.    Rawat Koleksi Tanpa Ditunda
Sering kali anda malas untuk mengganti hak sepatu yang sudah copot, memperbaiki kancing yang copot dari kemeja, atau bahkan hanya untuk mencuci baju. Coba lakukan hal-hal tersebut segera. Saat salah satu pakaian anda rusak, segera perbaiki. Cari tahu binatu, tukang jahit, atau tukang sepatu terdekat. Luangkan juga waktu untuk mempelajari hal-hal yang sifatnya D-I-Y. Sewaktu anda mengunjungi toko serba ada atau department store lokal (ehm... METRO!), lewati lorong perawatan pakaian dan lihat produk apa saja yang tersedia. Biasanya para penata gaya memiliki barang ini: produk dry cleaning rumahan, benang dan jarum jahit, stik penghilang noda, dan lainnya. Dengan begitu, segala krisis mengenai pakaian anda akan selesai!














































Artikel disadur dari www.thefashionpost.com